Blog roll

blog ini asli di buat oleh anak SMP sumatra 40 bandung. Blog ini asli di Buat Oleh Saya RIFKY CHAHYADI
- WAJIB PUTAR MUSIK - Tekan yang hijau dan Putar lagu nya Biar tambah greget .

pengertian narative teks



.
Pernah mendapat tugas membuatnarrative text? Atau sedang membuat skripsi bahasa Inggris dengan variable narrative text? Santai saja, di sini akan dijelaskan secara singkat mengenai teks naratif.

Narrative text, dalam mata kuliah writing and composition biasanya disebut narration, adalah salah satu jenis teks dalam sebuah bahasa. Biasanya, narrative text (teks naratif) berisi tentang cerita--baik cerita fiksi, cerita non-fiksi, dongeng, cerita rakyat, cerita binatang / fabel dll, pokoknya semua hal tentang cerita ya narrative namanya... :-)

Mengacu pada keterangan di atas, contoh - contoh narrative text sebenarnya sudah banyak diterbitkan dalam blog ini, seperti :

Mudah bukan?

Sekarang sedikit serius, karena akan menjurus pada penjelasan, oke...

Pengertian Narrative Text

Disebutkan bahwa A narrative text is an imaginative story to entertain people (teks narasi adalah cerita imaginatif yang bertujuan menghibur orang). 

Jika melihat pada kamus bahasa Inggris, secara harfiah narrative bermakna (1) a spoken or written account of connected events; a story. (2) the narrated part of a literary work, as distinct from dialogue. (3) the practice or art of narration. 

(Narrative bermakna : 1. sebuah cerita baik terucap atau tertulis tentang peristiwa-peristiwa yang berhubungan. 2. bagian yang diceritakan dalam sebuah karya sastra, berbeda dengan dialog. 3. Praktik atau seni bercerita) 

Jika disimpulkan, maka sebuah narrative text adalah teks yang berisi sebuah cerita baik tertulis ataupun tidak tertulis dan terdapat rangkaian peristiwa yang saling terhubung.

Generic Structure dari Narrative Text

Bagi sobat yang masih duduk di bangku sekolah tingkat menengah, penjelasan mengenai narrative texts tak usah sulit-sulit ya.. Intinya, narrative text ini mempunyai struktur / susunan seperti di bawah ini : 
§  Orientation : It is about the opening paragraph where the characters of the story are introduced.(berisi pengenalan tokoh, tempat dan waktu terjadinya cerita (siapa atau apa, kapan dan dimana) 

§  Complication : Where the problems in the story developed. (Permasalahan muncul / mulai terjadi dan berkembang)

§  Resolution : Where the problems in the story is solved. Masalah selesai, --- secara baik "happy ending" ataupun buruk "bad ending".

Kadangkala susunan (generic structure) narrative text bisa berisi: Orientation, Complication, Evaluation, Resolution dan Reorientation. Meski “Evaluation” dan “Reorientation” merupakan optional; bisa ditambahkan dan bisa tidak. Evaluation berisi penilaian/evaluasi terhadap jalannya cerita atau konflik. Sedangkan Reorientation berisi penyimpulan isi akhir cerita.

Jika sudah mahir membuat cerita narrative, susunannya bisa diubah-ubah kok, yang terpenting bagian-bagian di atas masih tetap ada dalam tulisan narrative sobat. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

related Post

ans!!